Pemasaran

Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan, aktivitas, dan proses menciptakan serta menyampaikan tawaran yang bernilai kepada konsumen, masyarakat, mitra, maupun klien.Marketing merupakan kebutuhan manusia yang berkembang menjadi sebuah kebutuhan masa. Misalnya saja manusia membutuhkan makanan untuk pemenuhan kebutuhan setiap harinya. Namun demikian manusia tidak hanya ingin untuk pemenuhan kebutuhannya secara perorangan saja, tetapi juga memenuhi keinginanya, yaitu misalnya sebungkus nasi box yang mudah dibawa kemana-mana.

Proses pemenuhan keinginan dan kebutuhan itulah yang mendasari konsep pemasaran. Mulai penetapan harga, pemenuhan produk, mempromosikan, serta pengiriman barang. Dengan demikian maka akan timbul berbagai cara dan teknik marketing guna mendongkarak penjualan produknya. Seorang marketer (pemasar) akan memiliki kecenderungan untuk lebih baik berhubungan dengan si klien. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan produk yang dijual ke pasaran.

pemasaran

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan sebuah aktivitas dan kegiatan untuk merancang dan menyiasati bagaimana penjualan produk berlangsung. Strategi marketing haruslah memiliki konsep dan target penjualan tertentu, sehingga akan ada tujuan yang dicapai. Adapun strategi sendiri menurut Swansa adalah sebagai berikut :

Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.

Tujuan Strategi Marketing (Pemasaran)

Beberapa tujuan pokok dalam strategi marketing adalah sebagai berikut :

  1. Pelanggan yang potensial akan mengetahui jenis produk secara detail sehingga produsen dalam hal ini perusahaan akan menyediakan produk yang di minta.
  2. Perusahaan bisa memberikan pengetahuan secara detail terhadap kegiatan pemasaran. Adapun kegiatan tersebut meliputi promosi, design, iklan, komunikasi, sampai dengan pengiriman.
  3. Memahami serta mengenal konsumen dengan sedemikian rupa sehingga produk yang tercipta cocok dan terjual.

Sejarah Pemasaran

Marketing sejatinya sudah dimulai sejak zaman dahulu. Bangsa Yunani dan Romawi sudah melakukan kegiatan tersebut untuk menginformasikan detail produk yang dijualnya. Akan tetapi konsep memasarkan barang secara modern terjadi sekitar abad 18-19 dimulai dengan revolusi industri.

Pengenalan konsep memasarkan produk pada era ini lebih dipengaruhi oleh perkembangan pengetahuan dan teknologi. Memasarkan pada era ini lebih menantang serta sudah mempunyai persaingan yang padat dalam berbisnis. Dengan demikian pemasaran modern akan dipengaruhi dari beberapa segi ilmu pengetahuan terkait. Ilmu komunikasi, ilmu marketing, sosial budaya, serta lintas ilmu lainnya menjadi fondasi kuat dalam memasarkan sebuah produk

Internet Marketing

Pada era sekarang internet marketing menjadi acuan banyak pebisnis. Memasarkan via dunia maya dipandang jauh lebih efektif dan efesien. Mulai dari pemajangan produk di website, social media, sampai dengan pengiklanan yang ditawarkan oleh banyak pengembang. Mulai dari sinilah falsafah dasar pemasaran mulai jauh lebih berkembang dari era sebelumnya.

Dengan akses 24 jam selama 7 hari tiada henti, maka secara cost efficiency akan sangat mendukung. Apalagi dengan cakupan yang luas, yaitu seluruh dunia, strategi marketing dengan menggunakan internet dirasa terbaik dan termurah untuk dikembangkan.

Sering di Cari:
  • konsep kebutuhan produk/ide sasaran pemasaran